Waspada! Apple Music Ternyata Menguras Baterai iPhone

apple music ios 9

Bulan Juni lalu, layanan streaming musik milik Apple resmi dirilis bersamaan dengan datangnya update iOS 8.4. Awalnya, banyak pihak yang menanti-nantikan layanan yang disebut Apple Music ini. Sayangnya, ada sedikit masalah yang dibawa oleh layanan musik berbayar tersebut.

Baru-baru ini banyak pihak yang melaporkan bahwa baterai iPhone mereka lebih cepat habis saat mendengarkan musik secara streaming menggunakan aplikasi Apple Music ketimbang biasanya.

Penurunan baterai yang dirasakan oleh setiap pengguna menunjukkan angka yang cukup drastis. Ada pengguna iPhone yang mengeluhkan bahwa baterainya berkurang diantara 11 persen sampai 20 persen dalam satu jam penggunaan Apple Music. Bahkan pengguna lainnya mengklaim mengalami penurunan dari 100 persen menjadi 38 persen hanya dalam waktu satu setengah jam penggunaan.

Beberapa orang menilai menurunnya baterai iPhone secara drastis karena Apple Music dianggap sangat logis. Hardware yang ada di iPhone bekerja lebih keras saat memutar file musik secara streaming. Sebabnya adalah saat menggunakan Apple Music, komponen Wi-Fi di iPhone membutuhkan tenaga lebih untuk mengunduh musik yang ada. Daya yang dibutuhkan juga akan semakin besar apabila mendengarkan musik menggunakan speaker perangkat.

Perlu diketahui bahwa hal tersebut juga berlaku jika pengguna menggunakan aplikasi streaming lain seperti Spotify, Tidal, dan Rdio. Masalahnya adalah belum diketahui secara pasti aplikasi mana yang paling banyak menguras baterai.

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email