TSMC Mulai Produksi Chip Apple A9 Bulan Juni

apple a9 tsmc

Berdasar laporan dari Cina, persaingan antara Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) dan Samsung semakin memanas. Hal ini ditandai dengan mulai diproduksinya SoC Apple A9 oleh TSMC mendahului Samsung. Kabarnya, pabrikan semikonduktor asal Taiwan tersebut akan memulai produksi chip A9 mulai bulan Juni ini.

Keunggulan yang dimiliki oleh TSMC diantaranya kapasitas produksi yang lebih besar dan cost yang lebih rendah dibanding Samsung. Hal ini tentu membuat Apple lebih memilih TSMC sebagai partner utama atau bahkan bisa jadi satu-satunya yang akan memproduksi chip yang akan dipakai pada perangkat iOS generasi baru tersebut.

Sebelumnya sudah beredar kabar bahwa pada bulan Maret, TSMC dan Samsung sudah melakukan trial produksi chip A9. Pada tes yang berakhir bulan Mei ini, Samsung memanfaatkan sistem fabrikasi 14 nm yang secara teori lebih baik dari fabrikasi 16 nm yang digunakan TSMC.

Namun sepertinya setelah dites, performa antara chip hasil fabrikasi 14 nm milik Samsung tak jauh lebih baik dari chip TSMC. Tak hanya itu, hasil produksi dari TSMC ternyata lebih banyak dibanding Samsung mengingat proses fabrikasi 14 nm konon lebih rumit.

Apakah hal ini akan benar-benar membuat Apple tak memakai Samsung sebagai produsen chipset mereka? Patut ditunggu perkembangan beritanya.

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email