5 Tips Memilih MicroSD Terbaik untuk Smartphone

tips memilih microsd card

Kebanyakan smartphone flagship saat ini tidak dilengkapi dengan slot kartu microSD, salah satu alasannya adalah masalah performa. Secepat-cepatnya kartu microSD, masih kalah cepat dengan memori internal pada smartphone. Namun kecepatan performa storage internal ini harus dibayar mahal, harga smartphone dengan memori internal yang lega dan cepat biasanya semakin mahal.

Untunglah kebanyakan smartphone Android menengah ke bawah masih disertai dengan pilihan slot kartu microSD. Pengguna hp kelas ini masih diberi keleluasaan untuk memilih kapasitas, harga, merk, dan speed yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tak sebesar sultan ber-flagship. Nah masalahnya, dengan banyaknya pilihan microSD di pasaran, tentu membuat sebagian dari kalian ada yang bingung memilih microSD terbaik buat smartphone kalian. Ga mau dong, udah keluar duit banyak ternyata microSD yang kalian beli ternyata tidak cocok, lemot, atau malah rusak ketika baru dipakai. Maka dari itu, aduGADGET mau ngasih 5 tips memilih kartu microSD buat smartphone kalian, semoga bisa membantu!

Tips 1: Sesuaikan Kebutuhan

Hal pertama yang perlu kalian tentukan adalah kebutuhan kalian, karena ini akan mempengaruhi dalam memilih kapasitas dan kecepatan dari microSD itu sendiri. Jika kalian suka mengambil banyak foto, video, atau menyimpan lagu di smartphone tentu kalian membutuhkan kapasitas yang besar. Kalau kalian ingin install aplikasi di memori eksternal dan banyak merekam video 4K, tentu kartu microSD yang kencang sangat disarankan. Oiya, sesuaikan juga dengan budget kalian juga ya, ga lucu aja kalau kalian punya smartphone murah tapi maksain beli microSD yang harganya sama atau lebih mahal dari smartphone-nya sendiri.

Tips 2: Pilih Kapasitas MicroSD yang Sesuai

Seperti yang dibahas di tips pertama di atas, sesuaikan kapasitas microSD yang hendak dibeli dengan kebutuhan kalian. Kalau kalian tipe boros storage, maka pilih kapasitas yang lebih besar supaya microSD kalian tidak cepat penuh.

Hal lain yang perlu diperhatikan terkait kapasitas microSD adalah dukungan maksimal dari smartphone yang hendak dipasang. Jangan sampai kalian membeli kartu microSD yang berkapasitas lebih besar dari dukungan smartphone. Beberapa smartphone entry-level keluaran beberapa tahun lalu hanya sanggup menelan microSD hingga kapasitas 32 GB, namun beberapa smartphone murah keluaran baru bisa melahap kapasitas 128-256 GB.

MicroSD memeiliki standar penamaan untuk kapasitas yang mereka miliki, yakni:

  • MicroSD – memiliki kapasitas hingga 2 GB, menggunakan file system FAT12 dan FAT16
  • MicroSDHC (High Capacity) – memiliki kapasitas di atas 2 GB hingga 32 GB, menggunakan file system FAT32
  • MicroSDXC (Extended Capacity) – memiliki kapasitas di atas 32 GB hingga 2 TB, menggunakan file system exFAT

Untuk membedakan ketiganya kalian bisa melihat label di tiap-tiap kapasitas microSD.

Tips 3: Perhatikan Kecepatan MicroSD

Kalian tidak mau kan smartphone kalian jadi lemot setelah memasang microSD baru? Oleh karena itu kalian harus teliti dalam memilih kecepatan microSD yang hendak kalian beli. Biasanya kecepatan microSD dibedakan menjadi dua:

  • Read Speed – kecepatan dalam membaca file yang ada di kartu. Misal memainkan mp3, memutar video, atau membuka foto di galeri.
  • Write Speed – kecepatan kartu dalam menulis file baru. Misal menyimpan file hasil jepretan atau rekaman kamera.

Jika kalian sering memutar video resolusi tinggi (4K misalnya), pilih microSD dengan kecepatan baca yang mumpuni agar tidak tersendat-sendat playback-nya. Sedangkan jika kalian lebih sering memotret dengan resolusi tinggi dan mengambil video 4K, pilih kartu dengan write speed yang kencang agar proses penulisan file lancar dan tidak corrupt.

Biasanya tiap-tiap merk microSD secara eksplisit menuliskan kecepatan baca dan tulis produknya, di kemasan atau laman situs resmi mereka. Selain itu mereka juga menampilkan kode-kode kecepatan sesuai dengan standar SD Association. Kode-kode ini disebut dengan Speed Class, yang menunjukkan minimal kecepatan menulis.

kelas kecepatan microsd

Selain dengan kode-kode di atas, beberapa brand menggunakan penamaan produknya untuk menentukan kecepatan kartu. Misalnya Sandisk memiliki produk: Ultra, Ultra PLUS, Extreme, Extreme PLUS, dan Extreme PRO.

Tips 4: Pilih MicroSD dari Brand Terpercaya

Masih inget iklan salah satu brand microSD yang ngeklaim produk mereka tahan direbus? Well, Mimin sih ga percaya dengan reputasinya, kita lebih percaya dengan brand-brand yang udah terjamin dan ga neko-neko. Beberapa produk yang pernah mimin beli dan masih awet dipakai diantaranya:

Memang agak mahal harganya, tapi kualitasnya dan keawetannya ga perlu ditanyakan lah. Selain di smartphone, mimin juga pakai produk mereka di kamera GoPro, drone, dan DSLR.

Tips 5: Awas MicroSD Palsu

microsd sandisk palsu

Oke, Mimin udah mensyen bebrapa merk microSD terkenal di atas. Sesuai dengan hukum alam, produk terkenal atau laris di pasaran tentu ada yang memalsukan demi keuntungan sendiri. Nah, microSD Samsung dan Sandisk merupakan brand yang sering dipalsukan. Produk palsu/KW biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Harganya lebih murah, kadang jauh dari harga resmi
  • Kecepatannya payah, ga sesuai dengan label kelasnya
  • Cepet rusak
  • Kalau di toko online, bisanaya dijual oleh seller yang ga terpercaya dan mencurigakan

Solusi supaya terhindar dari produk microSD palsu?

  • Jangan gampang tergiur harga yang terlalu murah dibanding harga asli
  • Beli dari toko yang terpercaya, jangan asal beli di pinggir jalan atau konter HP yang ga jelas reputasinya
  • Kalo beli online, cari toko resminya. Kalo ga nemu, cari toko dengan reputasi yang baik, tercermin dari jumlah dan kualitas review yang mereka terima dari pembeli.
2 komentar
  1. nhang

    jadi gimana min, kalo sd card 32gb lebih bagusan mana sandisk sama samsung

    Balas 11 Maret 2018 - 08:57
    • Mimin

      tinggal bandingin harga & speed-nya aja

      Balas 11 Maret 2018 - 18:47

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email