Qualcomm Diam-diam Luncurkan Snapdragon 212, 412, dan 616

qualcomm snapdragon 616

Sebagian besar dari kita pasti menunggu Qualcomm meluncurkan chipset flagship-nya, terlebih sebelumnya beredar bocoran spek Snapdragon 820 di dunia maya. Namun sepertinya kita harus bersabar, karena sang pabrikan semikonduktor asal Amerika Serikat tersebut malah memperkenalkan jajaran chipset kelas menengah kebawahnya terlebih dahulu.

Dalam peluncurannya yang dilakukan secara “diam-diam” tersebut, Qualcomm mengumumkan update minor pada ketiga chipset mid-range dan entry level-nya. Ketiganya adalah Snapdragon 212, 412, dan 616.

Dimulai dari chip kelas terbawah, Snapdragon 212 masih memiliki konfigurasi prosesor quad-core, namun inti Cortex-A7 yang dimilikinya sudah ditambahkan kecepatannya menjadi 1,3 GHz dari sebelumnya 1,1 GHz. Komponen lain seperti GPU dan modem tidak mengalami perubahan sedikitpun.

Snapdragon 412 yang merupakan versi upgrade dari Snapdragon 410 juga mendapat penambahan kemampuan pada clock speed-nya, CPU Cortex-A53 yang dimilikinya kini berlari 200 MHz lebih kencang pada angka 1,4 GHz. Bandwidth RAM juga dinaikkan dari 533 MHz menjadi 600 MHz.

Snapdragon 616 yang kedelapan intinya terbagi menjadi dua cluster Cortex-A53, mendapat pembaruan berupa peningkatan kecepatan pada salah satu cluster-nya. Cluster terkencang masih memiliki kecepatan 1,7 GHz layaknya pada Snapdragon 615, namun cluster yang lebih hemat daya di-upgrade dari 1,0 GHz menjadi 1,2 GHz.

Ketiga SoC baru Qualcomm terebut akan mulai terpasang pada perangkat-perangkat baru yang hadir pada akhir tahun ini atau pembuka tahun depan.

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email