Qualcomm Akan Merumahkan 4000 Karyawannya

qualcomm snapdragon soc

Rumor mengenai PHK besar-besaran tak cuma menghantui Microsoft, raksasa chip Qualcomm pun terancam mengalami nasib serupa. Qualcomm bahkan santer diberitakan akan merumahkan lebih dari 10% total 30.000 karyawan atau sekitar 4.000 karyawan yang mereka miliki.

Kabar mengenai PHK besar-besaran ini memang cukup menggemparkan mengingat selama ini, Qualcomm dikenal sebagai market leader di industri chip mobile. Namun dibalik status tersebut, sejatinya perusahaan ini tengah berjuang untuk mempertahankan posisinya di industri. Tantangan terbesar datang dari perusahaan Taiwan MediaTek yang sukses menggoyang pasar dengan chip berharga lebih murah.

Hal inilah yang dinilai banyak pihak sebagai menjadi hantaman terbesar terhadap bisnis Qualcomm. Ditambah lagi dengan banyaknya kabar overheating yang dialami prosesor Snapdragon 810. Akibatnya, profit perusahaan yang bermarkas di San Diego, Amerika Serikat itu anjlok sebesar 46% pada kuartal kedua 2015 lalu.

Oleh karena itu, dengan kondisi keuangan yang demikian menurun, pihak manajemen Qualcomm memutuskan untuk melakukan efisiensi. Salah satu cara yang dipertimbangkan adalah dengan cara merumahkan ribuan karyawannya. Hal ini sepertinya tak bisa dihindarkan, hanya saja belum diketahui secara pasti unit bisnis mana yang bakal menjadi korban PHK dari manajemen.

Keputusan mengenai PHK ini kemungkinan bakal diumumkan secara resmi oleh Qualcomm setelah merilis laporan keuangan kuartal mereka. Sampai saat ini juga belum diketahui apakah keputusan PHK ini nantinya akan berpengaruh besar terhadap produksi chip Snapdragon atau tidak.

Sumber: Phone Arena

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email