Meskipun Terus Merugi, Sony Bersikukuh Akan Bertahan pada Bisnis Smartphone

hiroki totoki ceo sony mobile

Akibat terus merugi, Sony pernah dikabarkan akan memisahkan unit bisnis Xperia dari entitas bisnis Sony pada awal tahun 2015 lalu.

Oleh banyak kalangan, pernyantaan tersebut dinilai sebagai upaya Sony untuk menjual lini bisnis smartphone-nya itu. Menanggapi simpang siur yang beredar, akhirnya beberapa hari lalu, CEO Sony Mobile Hiroki Totoki memberi pernyataan resmi yang menyebutkan bahwa pihaknya akan tetap mempertahankan divisi mobile Xperia.

“Kita sedang menuju era Internet of Things (IoT) dan harus memproduksi beberapa kategori produk baru di dunia ini, jika tidak kami bisa tertinggal di domain bisnis penting. Berdasarkan itu, kami tidak akan pernah menjual atau meninggalkan bisnis mobile saat ini,” kata Totoki.

Sebenarnya rumor penjualan divisi mobile Sony bukannya tanpa alasan. Setidaknya ada dua alasan kuat yang mendukung rumor tersebut. Yang pertama adalah kerugian besar yang dialami divisi mobile pada tahun 2014 lalu dan penjualan divisi PC Vaio.

Menurutnya, kerugian yang dialami Sony pada saat itu adalah akibat dari pembelian saham Ericsson yang ada di perusahaan venture sebelumnya, Sony Ericsson. Namun hal itu berpengaruh terhadap pencatatan akutansi saja.

Untuk alasan yang kedua, Totoki juga memiliki jawabannya sendiri. “Penjualan tersebut mendorong orang berpikir bahwa Sony juga akan menjual bisnis smartphone. Tetapi bisnis smartphone sangat berbeda dari PC,” kata Totoki.

Pencarian Terkait:

  • sony teru,
Topik:

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email