Lollipop Sudah Digunakan oleh 12,4% Perangkat Android

android lollipop

Walaupun tercatat sebagai OS paling bayak dipakai oleh pengguna smartphone, ternyata persentase setiap versi mendapatkan angka yang berbeda-beda. Hal itu disebabkan oleh banyaknya vendor perangkat Android yang menggunakan versi OS lebih dari satu pada setiap model yang dijual, tergantung spesifikasinya.

Berdasarkan data yang disediakan oleh Google, tercatat bahwa 12,4% dari seluruh perangkat Android yang tersedia di pasaran telah menggunakan Android Lollipop. Data ini berasal dari seluruh perangkat Android yang yang mengakses Google Play Store selama pekan terakhir Mei hingga 1 Juni 2015.

android juni 2015

Statistik cukup mengejutkan karena untuk pertama kalinya tingkat adopsi Android Lollipop mencapai lebih dari 10%. Sampai saat ini versi Android paling baru yang tersedia untuk publik adalah Android 5.1, yang hanya digunakan oleh 0,8% dari seluruh perangkat Android. Hal itu mungkin disebabkan karena versi Android ini hanya tersedia untuk platform Nexus dan perangkat Google Play Edition (GPE). Sebaliknya, versi Lollipop yang lebih lama yanitu versi 5.0 terlihat lebih popular dengan digunakan oleh 11,6% perangkat.

Walaupun mendapatkan persentase yang lebih kecil dari 2 bulan lalu, Android KitKat masih tetap menjadi versi Android paling populer diantara pengguna. Tercatat 39,2% dari seluruh perangkat Android yang beredar telah menggunakan versi ini. Di tempat kedua ada Android Jelly Bean yang merupakan nama untuk Android versi 4.1, 4.2, dan 4.3, dengan persentase total sebesar 37,4%.

Sumber: Phone Arena

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email