Ini Dia Mode Hemat Baterai ala iOS 9

low power mode ios 9

Seperti kita ketahui, iOS 9 lebih membawa peningkatan performa dan daya tahan baterai dibanding membawa fitur yang benar-benar baru. Nah, apa saja optimisasi yang dilakukan Apple dalam meningkatkan daya baterai iOS 9 sehingga pengguna tak perlu sering-sering mencolokkan iPad atau iPhone-nya ke charger?

Secara default, versi final iOS 9 nantinya akan memberi daya tambahan ke baterai hingga satu jam. Cara optimisasinya adalah dengan cara mematikan layar ketika layar perangkat diletakkan menghadap meja, layar tak akan menyala walaupun ada notifikasi baru yang masuk. Untuk mengetahui apakah iPad atau iPhone diletakkan menghadap meja, iOS 9 mendeteksinya dengan menggunakan sensor proximity.

Sebagai tambahan, Apple kini menyediakan Low Power Mode yang diklaim mampu menambahkan waktu operasional perangkat hingga tiga jam. Mode penghemat daya ini bisa ditemukan pada menu Settings dan masuk lagi ke menu Battery. iOS 9 juga akan mengingatkan pengguna untuk masuk ke mode ini jika baterai iPad atau iPhone merekat tinggal 20% dan 10%.

Cara kerja mode penghemat daya ini adalah dengan mematikan beberapa sensor, mematikan push notification pada Mail, dan menurunkan tingkat kecerahan layar. Selain itu, iOS 9 akan lebih cepat mematikan layar ketika idle dan tidak mengizinkan refresh pada background. Animasi wallpaper dan animasi-animasi lainnya juga akan dimatikan. Kecepatan jaringan akan diturunkan demi mendapatkan tambahan daya hingga tiga jam seperti yang sudah diklaim Apple.

Bagi pengguna iOS, mode penghemat daya ini adalah hal yang baru. Namun bagi pengguna Android fitur ini adalah hal yang sudah biasa mengingat Android Lollipop sudah lama dilengkapi dengan fitur penghemat baterai ini.

Sumber: Phone Arena

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email