Informasi Performa dan Spesifikasi Snapdragon 835 Bocor

kryo cluster snapdragon 835

Pada bulan November tahun lalu, Qualcomm sempat mengabarkan sedikit informasi tentang chipset flagship terbaru mereka yakni Snapdragon 835. Disebutkan bahwa chipset tersebut akan mengadopsi teknologi fabrikasi 10 nm yang diklaim bakal memberikan peningkatan performa hingga 27% dengan konsumsi daya 40% lebih irit. Ditambah 35% ukuran yang lebih ringkas sehingga memberi ruang lebih ke komponen smartphone lainnya.

Mendekati peluncurannya pada ajang CES 2017 bulan ini, beberapa detail informasi Snapdragon 835 lainnya bocor melalui dokumen berupa slide presentasi. Beberapa informasi tersebut diantaranya adalah konfigurasi big.LITTLE yang masih diadopsi pada kedelapan core-nya. Empat core high-performance mampu berlari hingga 2,45 GHz sedangkan empat core lainnya dibatasi pada 1,9 GHz saja demi mengejar efisiensi baterai. Kedua cluster core ini menjanjikan 20% peningkatan performa saat membuka aplikasi, melakukan browsing, dan menyajikan VR.

spesifikasi snapdragon 835

Yang tak kalah penting, GPU Adreno 540 yang ditanamkan pada Snapdragon 835 mendukung layar 4K pada 60 FPS dengan performa grafis yang 25% lebih baik dibanding pendahulunya. Sedangkan DSP Hexagon 690 yang dimiliki chipset ini sudah mampu memproses TensorFlow, teknologi machine learning yang dikembangkan oleh Google.

Jika dibandingkan dengan Snapdragon 801 yang dirilis 2014 lalu, Snapdragon 835 diklaim lebih hemat daya hingga 50%. Masuk akal mengingat proses fabrikasinya yang jauh lebih baik, namun tentu klaim ini perlu dibuktikan nantinya.

Dalam beberapa bulan nanti, setelah peluncuran resmi Snapdragon 835 pasti bakal bermunculan beberapa flagship yang memakai chipset gahar ini. Diantaranya yang sudah sering kita dengar adalah Samsung Galaxy S8 dan Xiaomi Mi6.

Sumber: 9to5google

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email