Hampir 1 Milyar Perangkat Android Terancam Bahaya

android security

Tim riset keamanan dari firma Check Point baru-baru ini mengungkapkan celah keamanan baru yang bisa menjangkit perangkat Android yang ditenagai chipset Qualcomm. Dinamai QuadRooter, celah keamanan ini beresiko mengancam lebih dari 900 juta smartphone dan tablet Android, termasuk BlackBerry DTEK50 yang diklaim sebagai “smartphone Android paling aman di dunia”.

Jika oknum tak bertanggung jawab memiliki akses melalui celah ini, mereka mampu mengintip berbagai informasi penting pada perangkat, termasuk informasi pribadi maupun perusahaan. Modus yang mungkin dipakai oleh penyerang adalah dengan mengelabuhi pengguna untuk meng-install aplikasi berbahaya yang meminta dan membuka permission khusus pada perangkat Android.

Untungnya, Qualcomm sudah mengetahui celah ini semenjak April lalu. Sang pabrikan chip asal Amerika Serikat ini pun sudah mengeluarkan tambalan software yang sudah diikutsertakan pada update security bulanan Android terbaru. Sayangnya, tambalan security itu hanya menambal tiga dari empat celah keamanan yang ada. Satu patch terakhir baru akan ditambahkan pada update security Android bulan September nanti.

Buat kalian yang ingin mengetahui apakah celah ini berdampak pada perangkat Android kalian, silakan lakukan pemindaian menggunakan alat QuadRooter Scanner yang disediakan secara gratis oleh Check Point.

Sumber: Check Point via GSMArena

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email