Google Tambahkan Dukungan Tema pada Android M

android m backup & restore

Google dikabarkan telah mendukung fitur theming secara default pada Android M. Sebenarnya beberapa produsen besar seperti Samsung, HTC dan LG telah mendukung fitur ini sejak lama. Namun banyak penguna berpendapat bahwa akan lebih baik jika Google memberikan kemudahan itu langsung pada Android-nya.

Fitur theming baru ini akan menggunakan Runtime Resource Overlay (RRO) untuk mengubah tampilan tema smartphone Android. Hal yang sama sebenarnya telah dilakukan sejak lama oleh Sony saat merilis varian smartphone Xperia. Namun, fitur ini membutuhkan hak akses root agar dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Dukungan pilihan tema pada Android M berarti bahwa pengguna tidak perlu lagi menggunakan custom ROM hanya untuk mendapatkan “look and feel” yang berbeda pada smartphone Android mereka. Nantinya pengguna hanya akan membutuhkan Android M (versi Google), hak akses root dan sebuah aplikasi Layers Manager untuk menerapkan tema yang sudah dipilih.

Dukungan penambahan tema ini, juga mengindikasikan bahwa Google memberi kemudahan kepada produsen smartphone untuk meng-costumize tampilan Android mereka.

Selama ini, user interface dari produsen-produsen smartphone seringkali tidak disukai oleh pengguna, contohnya TouchWiz buatan Sasmsung. Walaupun seluruh varian smartphone Samsung menggunakannya, sebagian besar pengguna memilih untuk menggunakan tema pengganti selain TouchWiz. Namun hal itu memiliki resiko akibat rooting dan hilangnya garansi dari produsen, yang tentu saja dianggap merugikan bagi konsumen. Jika Android M benar-benar menambah fungsionalitas itu secara default, perangkat Android akan menjadi semakin personal dengan cara yang lebih mudah dan aman.

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email