Google Masih Belum Bisa Perbaiki Masalah Baterai Boros Pada Android 5.x

android baterai

Android Lollipop menjadi operating system terbaru dari Google yang sudah dapat digunakan oleh para pengguna Android. Namun Android terbaru tersebut bukan berarti bebas masalah. Sejak pertama kali diluncurkan, Android 5.0 Lollipop sudah beberapa kali mendapat sorotan dari pengguna gadget mengenai memory leak. Selain masalah tersebut, isu lain yang belum dapat diselesaikan oleh Google hingga saat ini adalah borosnya konsumsi daya baterai dari perangkat Android yang melakukan update ke Android 5.x Lollipop.

Isu mengenai borosnya konsumsi baterai perangkat Android menjadi perbincangan yang menarik di salah satu thread Android Issue Tracker, forum yang fokus membahas seluk-beluk Android. Thread yang telah diposting sejak bulan April 2015 lalu tersebut hingga saat ini telah memiliki 600 komentar. Namun sayangnya kebanyakan dari komentar pada thread hanya memiliki solusi yang bersifat sementara.

Aplikasi yang ter-install pada perangkat menjadi salah satu biang keladi dari masalah borosnya konsumsi daya baterai. Saat melakukan update, beberapa aplikasi yang berjalan dengan menggunakan koneksi internet dilaporkan tidak dapat dimatikan koneksinya. Oleh karenanya, selama proses itu baterai perangkat Android akan berkurang rata-rata sebesar 63% dalam kurun waktu 8 jam walaupun ponsel hanya dalam keadaan standby atau tidak digunakan sama sekali.

Hingga kini Google nampaknya belum meletakkan masalah tersebut sebegai prioritas terpenting mereka. Terbukti saat Android M versi developer preview telah diluncurkan beberapa waktu lalu, masalah borosnya konsumsi baterai nyatanya masih tetap menghantui para pengguna Android. Satu-satunya cara untuk menghemat konsumsi baterai adalah dengan mematikan koneksi data internet seluler dan memanfaatkan koneksi Wi-Fi. Akan tetapi hal tersebut terbilang sangat tidak praktis karena pengguna dipastikan harus selalu mencari sinyal Wi-Fi yang dapat digunakan dan akan menggurangi mobilitas dari pengguna.

Sumber: Phone Arena

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email