Google Hadirkan Fitur Restore Aplikasi dalam Android M

android m backup & restore

Ada banyak peningkatan fitur yang akan dihadirkan Google dalam Android M. Selain peningkatan dalam hal keamanan dan desain, versi Android terbaru ini juga akan memperbaiki kelemahan versi terdahulu dalam melakukan proses melakukan backup. Dengan peningkatan fitur baru ini, pengguna Android M dapat mengembalikan aplikasi dan data yang terhapus dengan lebih baik.

Fitur restore data ini memang telah ada di versi-versi Android terdahulu, namun fungsionalitasnya masih sangat terbatas. Pengguna hanya dapat mnggunakannya untuk mengembalikan notes, pesan atau kontak. Namun kali ini fitur backup dan restore data menjadi fokus Google dalam mengembangkan versi Android M. Fitur backup dan restore ini nantinya tidak hanya berfungsi untuk mengembalikan pesan atau email seperti dulu tapi juga file-file multimedia dan aplikasi yang sudah terinstal.

Sayangnya fitur baru ini belum akan dapat digunakan secara resmi dalam waktu dekat. Pengguna baru akan dapaat menikmatinya pada saat Android M versi publik, yaitu pada kuartal ke-3 tahun ini. Untuk saat ini, hanya orang-orang yang terdaftar sebagai Android M developer saja yang bisa menggunakannya.

Semua aplikasi yang terinstal di smartphone Android pengguna dapat menggunakan fitur backup otomatis ini. Pengguna dapat mencobanya dengan menggunakan Andoid M Developer Preview yang sudah tersedia. Nantinya semua data aplikasi akan mengalami proses sinkronisasi secara otomatis dengan akun Google Drive, sehingga dapat dikembalikan seperti semula.

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email