Google Garap Smartphone-nya Sendiri

googleplex

Berdasar laporan terakhir dari The Telegraph, terungkap bahwa Google akan menggarap smartphone mereka sendiri di luar lini Nexus yang sudah ada. Jika rumor ini benar, maka pada akhir tahun ini pengguna sudah bisa mencicipi smartphone perdana racikan perusahaan asal Mountain View ini. Sejauh ini Google baru melobi beberapa operator telekomunikasi untuk mendukung proyek baru ini.

Lalu apa bedanya smartphone Google ini dengan Nexus? Well, perangkat Nexus didesain dan diproduksi oleh pabrik/brand rekanan dengan beberapa guidelines dari Google. Bisa dibilang bukan 100% karya anak perusahaan Alphabet ini. Sedangkan smartphone Google ini lebih memberikan keleluasaan kepada sang raksasa pencarian untuk mendesain, memproduksi, dan mengintegrasikan dengan Android-nya sendiri. Dengan langkah ini Google bisa mengkontrol masa depan dari software dan beberapa layanan andalan mereka sendiri.

Apakah ini akhir dari perangkat Nexus? Sepertinya tidak, CEO Google Sundar Pichai baru-baru ini menyatakan bahwa dukungan untuk smartphone Nexus akan terus diberikan. Mereka berencana untuk tetap bekerjasama dengan produsen smartphone lainnya.

Harap dicatat bahwa smartphone Google ini masih dalam status rumor dimana kebenaranya masih harus ditunggu hingga pihak Google sendiri mengumumkan keberadaannya secara resmi.

Sumber: The Telegraph via GSM Arena

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email