Elephone P9000, Calon Ponsel Android Deca-core Pertama

elephone p9000

Tahun 2015 ini, dunia gadget diramaikan dengan kehadiran chipset berprosesor kepala sepuluh atau yang lebih sering disebut deca-core. Salah satu yang cukup menyita perhatian adalah SoC Helio X20 MT6797 buatan pabrikan semikonduktor asal Taiwan, MediaTek. Komposisi chipset ini adalah sepasang inti ARM Cortex-A72 untuk komputasi berat, empat buah inti ARM Cortex-A53 untuk komputasi menengah, dan sisanya empat inti ARM Cortex-A53s untuk pekerjaan ringan. Banyaknya inti pada Helio X20 bukanlah untuk mengejar skor benchmark namun diklaim untuk menawarkan efisiensi energi yang lebih baik. Pun begitu, kehadiran dua inti Cortex-A72 tentu saja membuat ponsel yang ditenagai SoC ini bakal ganas dan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Helio X20 direncanakan hadir pada kuartal keempat tahun ini, kemungkinan besar sang deca-core akan keluar dalam bentuk ponsel Elephone P9000. Elephone, pabrikan ponsel flagship murah ini rencananya akan meluncurkan gacoannya pada bulan Oktober nanti.

Untuk keperluan pengolahan grafis, P9000 akan ditenagai oleh GPU terbaru Mali-T880 yang mampu berlari pada clock 850 MHz dengan kemampuan pemutaran video 4K secara canggih. Untuk mendukung prosesor dan GPU, Elephone menyandingkannya dengan memori 4 GB berjenis LPDDR3 RAM.

Spesifikasi lainnya, Elephone P9000 dilengkapi penyimpanan internal 32 GB yang masih bisa ditambah melalui slot ekspansi, kamera belakang yang sensornya kemungkinan dibuat Sony beresolusi 20,7 megapiksel, kamera depan 8 megapiksel, layar full-HD 5,5 inci, dan baterai berkapasitas 3100 mAh.

Rumornya P9000 nanti akan dibanderol pada angka $500 atau pada range harga yang sama dengan kompetitornya, Xiaomi Note Pro. Apakah Elephone P9000 nanti akan sukses dengan spesifikasi gaharnya, patut kita tunggu perkembangannya.

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email