Blackberry Stop Rancang Smartphone-nya Sendiri

blackberry dtek50

Kabar bahwa Blackberry keluar dari bisnis hardware akhirnya resmi diumumkan melalui siaran pers. Ya, perusahaan asal teknologi asal Kanada tersebut mengumumkan bahwa mereka tak akan lagi mendesain smartphone mereka sendiri di masa mendatang.

Smartphone berlabel Blackberry nantinya bakal dirancang dan diproduksi oleh pabrikan rekanan. Model bisnis ini sebenarnya sudah terwujud bersama pabrikan asal Cina TCL dengan produk perdananya berupa Blackberry DTEK50 yang tak lain adalah rebranding dari Alcatel Idol 4. Posisi TCL sebagai partner perangkat keras Blackberry bakal semakin kuat dengan rumor bakal diluncurkannya produk baru bernama Blackberry DTEK60 dalam waktu dekat. Dan tak menutup kemungkinan, setelah DTEK60 TCL juga akan dipercaya merancang dan memproduksi smartphone-smartphone Blackberry lainnya.

Selain partnership di atas, Blackberry juga melakukan kerjasama di Indonesia dengan membentuk perusahaan joint venture yang dipimpin oleh pabrikan dalam negeri, Tiphone. Kerjasama yang dinamai BB Merah Putih tersebut memberikan lisensi kepada Tiphone untuk memproduksi, mempromosikan, dan mendistribusikan perangkat Blackberry di Indonesia. Sedangkan untuk pengembangan software dan layanan BBM, Blackberry sudah terlebih dahulu menandatangi kerjasama dengan grup Elang Mahkota Teknologi (Emtek).

Sumber: Blackberry via GSMArena & Venturebeat

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email