Apple Kuasai 92% Profit Industri Smartphone

iphone 6 variant

Ada sekitar 1.000 vendor smartphone, namun ternyata hanya satu yang benar-benar menguasai profit di pasar tersebut. Data terbaru dari Canaccord Genuity menyebutkan 92% profit industri ponsel pintar dikuasai oleh Apple, meningkat 65% bila dibanding data tahun lalu. Walaupun perusahaan yang didirkan oleh mendiang Steve Jobs ini hanya menguasai 20% market share smartphone, Apple mampu menghasilkan keuntungan yang besar berkat harga perangkat iPhone buatan mereka yang tinggi. Di sisi lain, kompetitor utama seperti Samsung, HTC, dan Xiaomi hanya mampu menjual smartphone dengan banderol menengah hingga harga rendah.

Bahkan managing director Canaccord Genuity, Mike Walkley menyimpulkan bahwa segmen high-end telah bergeser dari sebelumnya berada di tangan Samsung kini ke pihak Apple. Laporan dari Strategy Analytics menyatakan pada 2014 lalu, secara global rata-rata iPhone dijual seharga $624 sedangkan rata-rata perangkat Android dibanderol hanya $185 saja. Data tahun 2015 lebih menarik, harga rata-rata iPhone naik menjadi $659 berkat kehadiran duo iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Samsung, yang menduduki posisi kedua penerima profit terbesar memang saat ini mengalami kendala pada produk flagship-nya, terutama masalah kekurang stok yang melanda Galaxy S6 Edge. Sedangkan HTC, flagship terbaru berlabel M9 kurang laku karena dianggap menawarkan sedikit peningkatan dibanding predesesornya.

Sumber: iMore

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email