Apple Izinkan Safari untuk Memblokir Konten Iklan

safari ios

Apple akhirnya menambahkan fitur baru terkait dengan browse Safari di iOS 9. Dikabarkan bahwa para developer aplikasi diperbolahkan untuk membuat sebuah extension untuk Safari yang akan memblok konten iklan, cookies, dan konten-konten website lain, tergantung pengaturan pengguna. Nantinya, extension ini akan akan dapat di-download oleh pengguna via App Store.

Kabar ini tentu merupakan kabar yang baik bagi para konsumen. Mereka tidak perlu lagi menghabiskan kuota internet mereka hanya untuk melihat iklan yang tidak mereka inginkan.

Namun, hal ini tentu akan berakibat buruk bagi Google. 90% dari total pendapatan Google datang dari iklan di platform mobile. Selain itu, Google juga mendapaat keuntungan lebih banyak jika iklan itu dilihat pengguna di perangkat iPhones and iPad.

Jika cookies juga benar-benar bisa diblok, akan ada keuntungan yang akan didapatkan pengguna. Misalnya, website-website berita yang menawakan artikel-artikel gratis dengan jumlah yang terbatas setiap bulannya akan mengira pengguna sebagai pengguna baru pada setiap kunjungan.

Yang perlu diingat adalah fitur baru ini tidak akan tersedia secara default. Apple hanya sekadar mengizinkan penggunaannya. Sisanya tergantung developer untuk mengembangkan aplikasi yang benar-benar memblok iklan. Kabar ini mungkin merupakan kabar yang menarik bagi penguna-pengguna perangkat Apple, namun tentu hal ini akan berdampak negatif bagi penyedia konten mobile, termasuk game, berita, dan konten-konten lainnya.

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email