Apa Saja yang Bakal Ada di iOS 9 Nanti?

apple wwdc 2015

Ajang tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) tinggal hitungan jam saja. Esok hari, 8 Juni 2015 bertempat di Moscone Center, San Francisco, Apple akan memaparkan roadmap tahunan mereka yang mencakup software, perangkat, dan layanan.

Pada ajang ini, Apple secara rutin memperkenalkan upgrade terhadap sistem operasi racikan mereka, baik itu iOS maupun Mac OSX. Tak terkecuali untuk gelaran WWDC 2015 ini, Apple akan memperkenalkan iOS versi terbarunya yakni iOS 9 yang mereka beri codename “Monarch” yang diambil dari salah satu nama resor ski.

User Interface & Font Baru

Berdasar informasi dari sumber yang sudah mencicipi iOS 9, secara sekilas memang tak ada perubahan pada tampilan iOS 9 dibanding versi pendahulunya. Namun dilaporkan ada beberapa perubahan warna minor pada sistem operasi, termasuk beberapa ikon aplikasi. Apple melakukan desain ulang pada Siri untuk memiliki tampilan yang lebih mirip dengan Siri yang ada pada Apple Watch. Apple juga dikabarkan akan mengubah font iOS menggunakan San Francisco, font sama yang bisa ditemukan di Apple Watch. Bedanya, San Fransisco yang digunakan di iOS bentuknya lebih “membulat” disesuaikan untuk layar yang lebih besar. Kemungkinan Apple akan menamainya “San Francisco Rounded.”

Peningkatan Kinerja, Stabilitas, Kualitas & Perbaikan Bug

Tim software engineering Apple berusaha keras untuk meningkatkan pengalaman dalam menggunakan perangkat iOS, diantaranya dengan memperbaiki bug, meningkatkan kualitas, mengurangi crash, dan mengurangi ukuran file pada sistem. Mereka sangat fokus untuk meningkatkan stabilitas dari iOS 9 ini.

“Rootless”, iCloud Drive & Peningkatan Keamanan “Trusted WiFi”

  • Rootless: Fitur keamanan yang mencegah malware, meningkatkan keamanan, dan melindungi data sensitif. Fitur rootless bahkan mencegah user dengan hak administrator untuk mengakses beberapa file penting yang dilindungi. Konon fitur ini juga akan menghalangi pengguna untuk melakukan jailbreak.
  • iCloud Drive: Untuk meningkatkan keamanan aplikasi yang menggunakan fitur sinkronisasi, Apple sedang memperbaiki aplikasi utama seperti Notes, Reminders, dan Calendar untuk menggunakan back-end iCloud Drive, meninggalkan protokol IMAP yang digunakan akun iCloud, Gmail, dan Yahoo. Peningkatan ini akan mempercepat proses sinkronisasi dan memberikan enkripsi menyeluruh yang lebih baik.
  • Trusted Wi-Fi: Fitur ini akan mengizinkan perangkat iOS untuk tersambung dengan router Wi-Fi terpercaya tanpa harus melewati proses security tambahan, sebaliknya akan menerapkan enkripsi tingkat tinggi pada koneksi router yang belum dipercaya. Fitur ini diberitakan masih dalam tahap pengembangan, masih ada kemungkinan bakal dirilis pada veri iOS selanjutnya.

Fitur Split-screen pada iPad

Awalnya direncanakan bakal diimplementasikan pada iOS 8.0 dan kemudian iOS 8.1, sepertinya fitur split-screen iPad bakal hadir di iOS 9. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan dua aplikasi secara bersandingan dan berbagi konten diantara keduanya. Sebagai contoh, pengguna dapat membuka halaman website via Safari pada sisi kiri layar dan membuka aplikasi pengolah dokumen Pages secara bersandingan pada sisi kanan. Apple juga sedang mengembangkan fitur ini bisa bekerja pada satu aplikasi yang sama, contohnya membuka dua tab Safari secara bersandingan.

“Proactive”

Apple dikabarkan sedang mengembangkan fitur dengana codename “proactive” yang digadang-gadang sebagai kompetitor fitur Google Now yang ada pada Android. Fitur ini akan lebih terintegrasi dengan data pengguna, tak seperti Siri yang hanya bertindak sebagai asisten cerdas saja. Proactive akan menjadi lapisan baru pada iOS, menggantikan menu pulldown Spotlight pada iOS yang ada sekarang.

Dalam layar Proactive, pengguna akan masih memiliki kotak pencarian seperti yang ada di Spotlight, pengguna masih bisa mencari nama, membuka aplikasi, dan menemukan file audio seperti biasanya. Berdasarkan laporan, Proactive akan menekankan pada pencarian berita dan menampilkannya ketika pengguna mencari informasi termasuk topik berita terbaru dan informasi orang terkenal.

proactive ios9

Disamping fitur-fitur di atas, masih banyak fitur baru lagi di iOS 9 yang akan ditambahkan. Namun beberapa hanya fokus untuk pasar Amerika Serikat atau negara maju seperti Inggris. Beberapa fitur baru yang dirumorkan juga masih dalam tahap pengembangan yang mungkin belum siap diimplementasikan pada iOS 9.

Sumber: 9to5mac.com

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email