Apa Itu WhatsApp, Sejarah, dan Fitur Unggulannya?

apa itu whatsapp

WhatsApp atau WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan instan gratisan yang mampu mengirim pesan dan melakukan panggilan telepon via internet (VoIP). Selain pesan teks, WhatsApp juga mampu mengirimkan media lain berupa foto/gambar, video, dokumen, tautan, nomor kontak, dan koordinat lokasi pengguna. Sedangkan untuk panggilan telepon, aplikasi WhatsApp Messenger mampu melakukannya dalam bentuk panggilan suara maupun video. Awalnya aplikasi ini hanya berjalan pada perangkat smartphone saja, namun semenjak 2015 WhatsApp sudah bisa diakses menggunakan komputer melalui WhatsApp Web di browser dan pada 2016 tersedia aplikasi tersendiri untuk Windows dan MacOS. Di halaman resminya, WhatsApp menyatakan bahwa aplikasinya telah digunakan oleh 1 milyar pengguna yang tersebar di lebih dari 180 negara di dunia.

Sejarah WhatsApp

WhatsApp didirikan pada tahun 2009 oleh Jan Koum dan Brian Acton yang sama-sama merupakan mantan karyawan Yahoo!. Sejarah WhatsApp berawal di bulan Januari 2009 sesaat setelah Koum membeli iPhone dan menyadari besarnya potensi industri aplikasi di App Store milik Apple. Pada saat itu Koum juga mengajak temannya Alex Fishman untuk mendiskusikan idenya tersebut. Dalam diskusinya, Koum menemukan nama untuk aplikasinya yakni “WhatsApp” yang memiliki kemiripan bunyi dengan frasa “what’s up”. Pada 24 Februari 2009, Koum mendirikan perusahaan WhatsApp Inc. di Kalifornia.

brian acton jan koum

Untuk mewujudkan aplikasinya mereka membutuhkan software developer, dimana mereka akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Igor Solomennikov asal Rusia. Pada versi awal, aplikasi WhatsApp banyak mengalami crash dan hang, yang mengakibatkan Koum putus asa dan mencari pekerjaan baru. Namun Acton menyemangati sahabatnya tersebut dan memintanya untuk bertahan beberapa bulan lagi.

Barulah pada Agustus 2009, WhatsApp tersedia di App Store untuk iPhone. Saat itu penggunanya melonjak drastis menjadi 250.000 pengguna aktif. Acton yang saat itu masih pengangguran akhirnya bergabung menjadi co-founder dan mengajak lima mantan temannya dari Yahoo! untuk ikut mendanai perusahaan melalui seed funding sebesar 250.000 dolar. Setelah beberapa bulan menyandang status beta, akhirnya WhatsApp secara resmi tersedia eksklusif di App Store pada November 2009. Koum kemudian mengajak temannya yang tinggal di Los Angeles, Chris Peiffer untuk mengerjakan aplikasi versi BlackBerry yang tersedia 2 bulan kemudian. WhatsApp versi Android baru tersedia setahun kemudian yakni pada November 2010.

WhatsApp sempat mengubah aplikasinya menjadi berbayar, alasannya untuk mencegah biaya verifikasi SMS yang membengkak akibat pertumbuhan pengguna yang terlalu cepat. Walaupun berbayar, pengguna WhatsApp tetap naik signifikan. Di awal 2011, aplikasi ini menempati 20 besar aplikasi terpopuler di App Store Amerika Serikat. Per Februari 2013, pengguna aktif WhatsApp mencapai 200 juta orang dan pada akhir tahun yang sama angka tersebut berlipat dua kali menjadi 400 juta pengguna aktif.

Akibat kepopulerannya tersebut, WhatsApp mendapatkan investasi dari Sequoia Capital sebesar 8 juta dolar pada April 2011, disusul investasi 50 juta dolar pada Februari 2012.

Pada 19 Februari 2014, Facebook mengumumkan akuisisi terhadap WhatsApp dengan nilai 19 milyar dolar. Angka yang cukup fantastis dan terbesar pada kalanya tersebut dibayar dalam bentuk cash senilai 2 milyar dolar, 12 milyar dolar dalam bentuk saham Facebook, dan 3 milyar dolar saham khusus untuk kedua pendiri WhatsApp, Koum dan Acton. Beberapa hari setelah pengumuman akuisisi, WhatsApp mengalami gangguan layanan yang membuat penggunanya marah dan membagikan kekesalannya ke berbagai media sosial. Tak berhenti di situ, banyak pengguna yang kesal terhadap proses akuisisi meninggalkan WhatsApp untuk mencoba aplikasi milik pesaing. Menurut Telegram, mereka mendapatkan lonjakan 8 juta unduhan aplikasi dan Line mendapat 2 juta pengguna baru pasca akuisi oleh Facebook tersebut diumumkan.

Pada Agustus 2014, WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan terpopuler dengan raihan pengguna aktif 600 juta. Per Januari 2015, angka tersebut naik menjadi 700 juta pengguna aktif dengan 30 milyar pesan dikirim tiap harinya. Pada bulan September tahun yang sama, pengguna aktif WhatsApp membengkak hingga 900 juta dan mencapai 1 milyar pengguna aktif pada Februari 2016.

Layanan WhatsApp digratiskan kembali setelah pada 18 Januari 2016 Jan Koum mengumumkan telah mencabut biaya layanan 1 dolar/tahun demi memfasilitasi pengguna yang tak bisa membayar karena tak memiliki kartu kredit.

Pada September 2017, Brian Acton resmi mengundurkan diri dari WhatsApp dan mendirikan Signal Foundation yang memiliki aplikasi messaging serupa bernama Signal.

Fitur Unggulan WhatsApp

WhatsApp memiliki beberapa fitur standar layaknya kebanyakan aplikasi pesan instan seperti:

  • Kirim pesan teks tanpa biaya
  • Group chat
  • Panggilan suara dan video
  • WhatsApp Web dan aplikasi komputer
  • Enkripsi pesan menyeluruh
  • Kirim foto dan video
  • Kirim pesan suara
  • Berbagi dokumen hingga 100 MB

Apa Itu WhatsApp Web?

WhatsApp Web adalah fitur unggulan dimana pengguna bisa melakukan chat langsung di browser komputer dan sinkronisasi terhadap aplikasi smartphone-nya. Fitur ini awalnya tersedia pada 21 Januari 2015 untuk smartphone Android, Blackberry, dan Windows Phone. Dukungan terhadap iOS, Nokia Series 40, dan Nokia S60 (Symbian) diberikan menyusul setelahnya.

Aplikasi WhatsApp di Komputer (Windows dan MacOS)

Tak hanya di browser saja, WhatsApp juga disediakan dalam bentuk aplikasi komputer ber-OS Windows dan macOS pada 10 Mei 2016. Sama seperti WhatsApp Web, aplikasi native ini melakukan sinkronisasi terhadap smartphone penggunanya. Namun sayang, aplikasi WhatsApp di komputer hanya bisa mengirim pesan teks tanpa dukungan panggilan suara maupun video.

Apa Itu WhatsApp Business?

whatsapp business
WhatsApp Business adalah aplikasi pesan instan yang dibuat untuk pemilik bisnis UKM. Dengan aplikasi terpisah ini, pemilik bisnis bisa berkomunikasi secara langsung dengan pelanggannya tanpa terbentur batasan pada aplikasi WhatsApp biasa. Beberapa fiturnya seperti: profil bisnis, label percakapan, quick replies, pesan otomatis, dan statistik pesan. WhatsApp Business bisa diunduh langsung di Google Play.

Dimana Download WhatsApp?

WhatsApp bisa diunduh di masing-masing marketplace aplikasi smartphone, pengguna Android bisa ke Google Play sedangkan pengguna iOS bisa mencarinya di Apple App Store. Sedangkan aplikasi komputer Windows dan macOS bisa diunduh di halaman unduhan resmi WhatsApp di sini.

Platform lain seperti Blackberry, Symbian, Windows Phone, dan Nokia Series 40 sudah tidak didukung pengembangannya semenjak 2 tahun terakhir.

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email