Apa itu Drone, Jenis, dan Fungsinya?

apa itu drone

Jika mendengar kata “drone”, mungkin kita akan teringat dengan beberapa perang di Timur Tengah. Ya, pesawat nirawak ini begitu populer digunakan oleh Amerika Serikat sebagai piranti militer untuk kebutuhan pengintaian atau menyerang markas lawan dengan misil yang dibawanya. Beberapa drone militer milik Amerika yang terkenal diantaranya adalah MQ-9 Reaper dan RQ-1 Predator. Ngeri juga ya kemampuan drone?

Tapi tenang, reputasi drone tak hanya melulu di bidang militer saja kok. Akhir-akhir ini, drone mulai populer dengan banyaknya gadget ini diproduksi untuk keperluan konsumer dan profesional. Tentu drone ini diciptakan untuk membantu kebutuhan manusia bukan untuk menghancurkan layaknya drone militer.

Apa itu Drone?

Drone adalah pesawat nirawak (unmanned aerial vehicle) yang mampu mengendalikan dirinya sendiri atau dikendalikan oleh pilot dari jarak jauh/secara remote.

Secara fisik, drone bisa memiliki bentuk yang menyerupai pesawat terbang, mirip helikopter, maupun berdesain multirotor. Bentuk mirip pesawat terbang biasanya diadopsi untuk kebutuhan militer sedangkan multirotor banyak digunakan untuk drone konsumer dan profesional.

Apa Fungsi Drone?

Drone memiliki banyak fungsi tergantung tujuan pembuatannya, mulai dari kebutuhan militer, penelitian, pemancar internet, hobi, fotografi, pembuatan film/video, pertanian, hingga kebutuhan rekreasi/mainan.

Jenis-Jenis Drone

  • Drone Mainan: sesuai dengan namanya, drone jenis ini hanya digunakan untuk mainan atau iseng saja. Kebanyakan tidak dilengkapi kamera namun beberapa dilengkapi dengan kamera berkualitas seadanya. Parrot adalah satu brand yang memiliki banyak pilihan drone di kelas pemula ini.
  • Drone Konsumer: drone kelas ini diproduksi untuk kebutuhan hobi dan fotografi. Biasanya dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi untuk mengambil gambar maupun merekam video. Beberapa drone populer kategori ini diantaranya: DJI Phantom, DJI Mavic Pro, GoPro Karma, dll.
  • Drone Profesional: drone ini sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan drone konsumer namun telah dilengkapi dengan kemampuan yang jauh lebih baik. Peningkatan pada sisi kualitas kamera, jangkauan terbang, fitur tambahan, dan kapasitas muatan membuatnya lebih superior dibanding drone konsumer. Drone profesional yang banyak dipakai adalah lini DJI Inspire (Inspire 1, Inspire 1 Pro/Raw, Inspire 2).
  • Drone Militer: sesuai penjelasan di awal artikel ini, salah satu fungsi awal drone adalah digunakan dalam bidang militer. UAV Predator dan Reaper adalah contoh drone populer dalam kategori ini. Indonesia sendiri memiliki beberapa drone militer, diantaranya: Puna Sriti, Puna Alap-alap, Puna Gagak, Puna Pelatuk, dan Puna Wulung.
  • Drone Industrial: drone kelas ini merupakan peningkatan lanjut dari drone profesional. Jika drone profesional sifatnya quadcopter (berbaling-baling 4), maka drone industrial biasanya memiliki konfigurasi multirotor (berbaling-baling banyak). Penerapan drone industrial biasanya digunakan untuk industri film skala besar dan pertanian (menyemprot pestisida/pupuk). Contoh drone industrial diantaranya Yamaha Rmax, DJI MG1, dan DJI Matrice 600.
  • Drone Penelitian: dari namanya kita sudah tahu bahwa drone jenis ini fungsinya untuk penelitian, melakukan survey, pemetaan, atau kebutuhan akademis. Indonesia memiliki beberapa drone jenis ini, salah satunya adalah LSU 02 buatan Lapan.
  • Drone Internet: drone jenis ini diciptakan untuk membantu penetrasi sambungan internet pada daerah-daerah terpencil yang tak tersentuh jaringan internet umum. Pemgembang drone internet adalah Facebook, dengan drone Aquila yang siap beroperasi dalam waktu dekat.

Regulasi Drone di Indonesia

Sama seperti negara-negara lain, Indonesia telah memiliki regulasi yang mengatur penerbangan drone. Peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 90 Tahun 2015 yang detailnya bisa diakses di sini.

Berapa Harga Drone?

dji phantom 4 pro

Harga drone beragam tergantung jenisnya. Untuk drone mainan, konsumer, dan profesional harganya bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta Rupiah. Untuk drone jenis lain tidak perlu dibahas kali ya, siapa sih punya duit buat beli Predator hehehe…

Drone mainan seperti merk Parrot bisa kalian dapatkan dengan harga ratusan ribu hingga di bawah 5 juta Rupiah. Drone konsumer biasanya dijual pada range harga 5 juta hingga 20 juta rupiah, sedangkan drone profesional di atas range tersebut.

Pencarian Terkait:

  • Apa itu drone,
  • drone adalah,
  • camera drone adalah,
  • fungsi drone,
  • kamera drone adalah,
  • pengertian dan fungsi drone,
  • fungsi drone adalah,
  • apa drone itu,
  • apa itu dr,
  • pengertian dan fungsi drones,
Topik:

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email