Android M Terbukti Mampu Menghemat Daya Baterai Nexus 5

nexus android m

Android M yang baru diperkenalkan secara resmi pada konferensi I/O 2015 nampaknya akan menjadi operating system yang sangat membantu terutama dalam hal penghematan daya baterai.

Pasalnya hasil dari uji coba pada Nexus 5, fitur Doze yang terdapat ada Android M terbukti dapat menghemat penggunaan baterai jauh lebih besar jika dibandingkan saat menggunakan Android 5.1.1 Lollipop.

Melansir Phone Arena, dengan Android M, Nexus 5 mampu menghemat hingga hampir tiga kali lipat. Seperti yang telah diberitakan, fitur Doze pada Android M akan membuat ponsel dalam keadaan yang hampir tidak nyala. Tujuannya adalah untuk menghemat penggunaan daya baterai.

Tim pengembang Android dari Google telah melakukan uji coba pada smartphone milik mereka yakni Nexus 5. Dua buah smartphone Nexus 5 disiapkan dalam uji coba tersebut. Satu smartphone menggunakan Android 5.1.1 Lollipop dan satunya menggunakan Android M versi developer preview.

Hasilnya dalam keadaan siaga atau standby Nexus 5 yang menggunakan Android Lollipop mengkonsumsi daya sebesar 12% sementara Nexus yang menggunakan Android M hanya mengkonsumsi 4,5%.

Lebih lanjut hasil uji coba menunjukan bahwa penggunaan Android M pada smartphone mampu memperpanjang daya tahan baterai hingga 533 jam jauh lebih lama jika dibandingkan dengan Android Lollipop yang hanya mampu bertahan 200 jam.

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email