Android M Resmi Bernamakan Android 6.0 Marshmallow

android 6.0 marshmallow

Android M diperkenalkan saat event tahunan Google I/O pada bulan Mei yang lalu. Sesuai tradisi, banyak yang berspekulasi apa nama yang bakal diberikan Google kepada sistem operasi yang rencananya bakal tersedia pada musim gugur tahun ini.

Awalnya banyak yang menebak bahwa Android M bakal dinamai Macadamia Nut Cookie, namun seperti tahun-tahun sebelumnya tebakan tersebut salah. Hingga akhirnya Google membuka tabir patung Android terbaru yang mereka pasang sebelumnya di markas mereka di Mountain View. Setelah tabir patung terbuka, maka resmilah nama Android M menjadi Android 6.0 Marshmallow, sesuai dengan bentuk sang patung.

Android Marshmallow akan membawa perbaikan pada performa dengan optimisasi penggunaan RAM, dan peningkatan waktu standby dengan meningkatkan daya tahan baterai. Marshmallow juga akan membawa dukungan native untuk fingerprint scanner dan autentifikasi sistem keamanan. Aplikasi permission manager, dukungan USB Type-C, dan kemampuan mengisi daya perangkat lain juga bakal hadir melengkapi Marshmallow.

Bersamaan dengan pengumuman nama Android M, Google juga merilis Android 6.0 Marshmallow versi Developer Preview yang tersedia untuk perangkat Nexus 5, 6, 9, dan Nexus Player. Versi ini merupakan versi terakhir sebelum Google melepas versi RTM.

Download Android 6.0 Developer Preview

Selain itu, Google juga merilis SDK versi Marshmallow, para developer aplikasi sudah bisa mengunggah aplikasinya yang kompatibel dengan ANdroid 6.0 ke Play Store.

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email