Android M Izinkan Pengguna Menginstal APK di microSD

micro sd

Satu lagi fitur menarik yang patut ditunggu kehadirannya dari Android M. Setelah sekian lama, pengguna meminta Google untuk mengizinkan memindahkan aplikasi dari memori internal ke microSD, Google akhirnya memutuskan untuk menerapkannya di versi Android M.

Fitur baru ini disebut Adoptable Storage Devices. Walaupun Google tidak menyebutkan secara eksplisit mengenai fitur ini pada Google I/O kemarin, referensinya ternyata tersedia secara online untuk Android M developer preview. Nantinya Adoptable Storage Devices akan mengizinkan pengguna untuk memindahkan data aplikasi beserta installer APK-nya ke media penyimpanan eksternal. Namun sebelumnya, developer aplikasi harus menyediakan hak akses untuk hal ini terlebih dulu.

Sebenarnya, walaupun Google tidak menyediakan fitur ini secara langsung pada Android terdahulu, beberapa produsen smartphone mengaktifkan fitur ini secara default di perangkat Android mereka.

Dari dokumentasi yang ada, memori eksternal harus dienkripsi dan diformat agar berkemampuan seperti halnya memori internal. Di sisi lain, hal itu menyebabkan perangkat lain nantinya tidak dapat membaca data yang terdapat dalam memori eksternal itu. Aplikasi yang terinstal di memori eksternal juga tidak akan dapat digunakan jika memorinya dicabut atau memasukkan memory card baru ke perangkat.

Tidak menutup kemungkinan juga bahwa fitur Adoptable Storage Devices akan juga berfungsi jika pengguna menggunakan flashdisk via USB OTG. Bagaimanapun juga fitur ini tetaplah fitur yang memang telah ditunggu-tunggu oleh pengguna Android sejak lama.

Pencarian Terkait:

  • adoptable di xuaomi,
  • apk adoptale storage,

Tinggalkan komentar

Silakan tinggalkan komentarmu di bawah, jangan lupa untuk mengisi Nama & Email